Teknik Pernapasan Diafraghma


Ni Postingan untuk vocalisnya IVe, harap diperhatikan ;)
Supaya kalau nyanyi bisa maksimal hasilnya :D , untuk yang mau belajar vocal boleh juga mempelajarinya :$ . Ini tentang Melatih teknik pernapasan diafraghma, bagaimana caranya??? silahkan dibaca dengan cermat & jangan lupa di praktekan ya :z

jadi..
target latihan adalah bagaimana kita melatih diafraghma itu bekerja secara otomatis pada saat kita nyanyi :t . dan cara melatihnya sangat simpel.. kita harus mengerti apa yang dihindari saat mengambil napas... ;)

a. bahu jangan sampai terangkat saat ambil napas, kalau terangkat berarti kau bernapas dengan paru2. ( contoh, ketika orang sedang ambil napas mendadak karena kaget.. dia akan mengambil napas dengan paru-paru :r )
b. Jangan tegang... harus relaks ( tapi jangan sampai :s )

Ada 4 Tahap yang harus kita lakukan dalam melatih pernapasan diafraghma dengan baik & benar :f

tahap 1:
coba untuk merelaksasikan seluruh badan dan fokus bernapas dengan diafraghma. ( Sebenarnya, ketika kita tidur :s , ternyata kita lebih banyak ambil napas dengan diafraghma ).
ketika ambil napas, maka daerah diafraghma itu membesar ke samping dan depan belakang ( coba check dengan memegang daerah diafraghma dengan tanganmu dan rasakan gerakannya saat ambil napas ;) )


tahap 2:
ambil napas pelan2, ketika diafraghma dah penuh, buang pelan-pelan.
untuk nambah power, bisa dengan saat buang itu dengan cara ber desis..ss.s..ss.ss. (putus-putus) jadi kayak mompa isi udara keluar.
disini akan keliatan bahwa perut (diafraghma kita) bergerak. (latihan ini capek banget lho.. dan kalau serius menghasilkan keringat yang banyak :D )


oia.. kalau bisa.. saat mengambil napas, kita lakukan secara maksimal (sampai diafragma penuh udara, dan saat menghembuskannya kita bener2 keluarin sampai habis.. habiss.. habiss..biss..biss :f dengan begitu nanti kita akan terlatih untuk bisa menyimpan udara yang banyak dan punya napas panjaang saat bernyanyi. Kalau bisa dihitung juga, berapa menit kamu bisa bertahan saat mengembuskan napasmu???? :t

tahap 3:
untuk langsung mempraktekkan cara napas kita dengan aplikasi menyanyi, jadi ketika saat membuang napas bisa nyanyikan tangga nada. Pelan-pelan aja, tapi suaranya mesti stabil. Cukup do-re-mi-fa-sol-fa-mi-re-do ( tapi kalau mau mencoba C Am Gm ke C lagi juga boleh :O ) lalu kuncinya naik setengah.. lanjut lagi.. itu juga bagus untuk kontrol suara kita dan mengkoordinasikannya dengan power yang kita produksi dari diafraghma :# .


catt: pada saat membuang napas (saat menyanyikannya) kita harus bisa memanage :o ( artinya mengatur :r ) dengan baik. Jaga power dan jaga kapasitas volume udara yang ada di diafraghma dengan not-not yang dinyanyikan.. jangan sampai kehabisan napas sebelum notnya selesai.. ;)

tahap 4:
lakukan teknik napas ini berulang kali, coba dengan mengaplikasikan pada lagu pelan (lagu2 madrigal/ renaissance sangat bagusss sekali untuk ini), tapi harus tetap konsisten dan konsentrasi dengan diafraghma..

latihan seperti ini akan membuat kita secara otomatis mengaktifkan otot-otot diafraghma kita saat bernyanyi...dan harus setiap hari dilakukan.. ingat.. harus tetap RELAKS :z :r .

breathing is a basic of singing... :o ( Masa g tau artinya ;) ) jadi kalau mau menyanyi dengan benar harus memulai dengan pernapasan terlebih dahulu.. :)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IVe Nasyid - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger